Mengatasi Macbook Air Menyala lalu Mati Mendadak ketika Masuk macOS

    Macbook Air adalah salah satu perangkat komputer laptop yang dikeluarkan oleh Perusahaan Apple. Beberapa kali, pengguna Macbook Air A1369 menemui masalah pada device mereka terutama Macbook Air Menyala dan tiba tiba Mati ketika Masuk macOS. Tentu saja masalah ini akan sangat tidak nyaman bagi pengguna Macbook Air terutama bagi para pengguna baru yang masih awam, dan akan mengakibatkan kepanikan.

Kenapa Macbook Air bisa mati mendadak? Penyebab utama Macbook bisa mati secara mendadak adalah karena adanya bentuk ketidak seimbangan dibeberapa komponen atau part bagian dalam, terutama dibagian sensor. Terkadang bisa karena jalur power pada chipset tertutup oleh VGA GPU dari graphic processor, sehingga keadaan Macbook tidak bisa beroperasi secara normal. Sumber penyebab utamanya biasanya dikarenakan oleh pemakaian yg terlalu tinggi atau karena factor lain yg lebih tekhnis yaitu arus pendek atau konsumsi arus yg tidak stabil yaitu naik turunnya voltase.

Solusi Macbook Air Menyala lalu Mati Mendadak ketika Masuk macOS yang sudah kami selesaikan karena voltase turun, solusi ini perlu pengukuran dan pengamatan yg sangat teliti menggunakan diagram Macbook Air, berikut hasil pengamatan yg umum disaat kami menyelesaikan kasus MacBook tiba tiba Mati :

  1. Ada beberapa kapasitor yang short
  2. Beberapa Jalur dimainboard Menjadi resistance
  3. Memory yang sudah rusak atau tidak lagi berfungsi dengan baik
  4. Part Resistor & Power IC controller yang sudah rusak
  5. Beberapa kendala di bagian Chipset VGA

Permasalahan Macbook Air Menyala lalu Mati Mendadak ketika Masuk macOS ini sering terjadi di MacBook yang menggunakan jenis OS Yosemite. Permasalahan tersebut ditandai dengan gejala pada saat device memasuki loading bar dan baru berjalan setengah tiba-tiba Macbook Air shutdown atau mati dengan sendirinya, hal ini bias juga disebabkan oleh VGA Chipset yang telah rusak atau harddisk drive yang mungkin perlu diganti.

Solusi alternatif lainnya adalah installah aplikasi Macfancontrol. Aplikasi ini berfungsi menaikan kecepatan putar (rpm) kipas Macbook Air Anda. Nah, dengan begitu masalah ini sedikit teratasi. Hanya saja jika Anda memakai perangkat tanpa menggunakan charger atau Magsafe maka konsumsi daya pada baterai akan sedikit lebih cepat habis. Tetapi cara tersebut diatas kurang direkomendasikan karena trouble atau kerusakannya belum teratasi secara tuntas.

Ada baiknya untuk mengatasi masalah Macbook Air Menyala lalu Mati secara tiba tiba ketika Masuk macOS, Anda harus membawa perangkat Macbook anda ke pusat service Macbook atau serahkan kepada tekhnisi laptop & MacBook yang memang berkompetent dibidangnya, agar tidak terjadi kesalahan penanganan kerusakan dan permasalahan kerusakan benar benar terselesaikan secara tuntas.

 Atau hubungi kami di nomor :

WA. 085755812127

Atau kunjungi IG kami di : @realismacbook

Facebook : Teknisi Jadul

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *